MAHKOTAKATA

Refleksi Realita dan Rasa

Fenomena Lubang ‘Ajaib’ di Dunia

LUBANG raksasa yang muncul tiba-tiba di sebuah kota kecil di Jerman ramai diberitakan media-media asing. Belum bisa dipastikan penyebab amblesnya tanah hingga menimbulkan lubang mengangga di Kota Schmalkalden tersebut. Namun fenomena sinkhole tersebut sebelumnya telah beberapa kali dilaporkan di sejumlah negara. Salah satunya yang paling banyak diberitakan adalah kemunculan lubang raksasa di Guatemala pada Juni lalu.

Lubang raksasa di tengah kota Guatemala City itu menelan sebuah gedung berlantai tiga dan sebuah rumah. Lubang serupa pernah muncul tiba-tiba di daerah tersebut pada tahun 2009 lalu. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Namun peristiwa terbentuknya sinkhole di Kota Saint-Jude, Montreal, Kanada pada 10 Mei lalu menimbulkan empat korban jiwa. Satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua putri mereka tewas saat tanah di sekitar rumah mereka ambles. Sinkhole tersebut juga menelan sebuah kendaraan truk yang tengah melintas. Mujur, si pengemudi truk berhasil selamat dalam peristiwa itu.

Di China bahkan pernah dilaporkan beberapa lubang menganga yang muncul tiba-tiba di Yinbin City pada April lalu serta di daerah-daerah lain. Gambar-gambar mengenai sinkhole yang pernah terjadi di China bisa dilihat di situs China Smack.

Terbentuknya lubang raksasa di Tampa, Florida, Amerika Serikat beberapa waktu lalu juga ramai diberitakan. Bagi warga Florida, kemunculan sinkhole bukanlah hal asing.

“Itu sering terjadi di sini,” kata Dr. Robert Dardenne, profesor Departemen Jurnalisme dan Studi Media USF kepada detikcom beberapa waktu lalu. Bahkan saking seringnya sampai-sampai di Florida ada asuransi untuk meng-cover kejadian sinkhole tersebut.

Pada tahun 1981 silam, sebuah sinkhole sedalam 100 kaki (30,5 meter) muncul di Winter Park dekat Orlando, Florida. Lubang menganga tersebut menelan sebuah rumah dan sebagian gedung dealer mobil. Helikopter besar dikerahkan untuk mencoba mengangkat beberapa mobil mahal keluar dari sinkhole tersebut, namun kendaraan-kendaraan itu terus terperosok lebih dalam dan tak pernah terlihat lagi.

Badan Survei Geologi AS menyatakan, peristiwa terbentuknya sinkhole umumnya terjadi di daerah-daerah di mana batuan dasar adalah batu-batu gamping, atau bebatuan lain yang bisa dilarutkan dengan air tanah.

Menurut Lutz Katschmann, pejabat kantor geologi dan lingkungan hidup negara bagian Thuringia, Jerman, sinkhole kemungkinan disebabkan susunan bebatuan bawah tanah yang retak dan kemudian menciptakan rongga. Dikatakannya, Jerman kadang-kadang mengalami fenomena sinkhole ini saat air menciptakan rongga di daerah-daerah runtuhnya tambang-tambang kuno.    (vn)

 

November 3, 2010 - Posted by | Fenomena | , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: