MAHKOTAKATA

Refleksi Realita dan Rasa

Tsunami dan Gempa Dahsyat Masih Mengintai

MENTAWAI menangis. Keterisolasian dan lumpuhnya sistem komunikasi menyebabkan tragedi gempa dan tsunami di kepulauan itu agak luput dari mainstream pemberitaan. Apalagi di waktu bersamaan gunung Merapi pun memuntahkan awan panas disertai tewasnya sang juru kunci, Mbah Marijan. Sesungguhnya, sampai kini 500 orang di Mentawai sana masih belum ditemukan. Bisa jadi tersapu ombak, mengingat posisinya yang berada di kepulauan dan jauh dari akses transportasi. Bahkan beberapa misi kesana mengalami kesulitan yang tidak gampang.

Pengakuan bahwa tsunami datang juga diungkapkan warga Australia, Rick Hallet. Ia mengaku habis diterjang ombak tsunami. Kala itu sekitar pukul 22.00 WIB, Hallet mengaku dia dan 14 orang lainnya berada di kapal carteran yang mereka sewa untuk berselancar. Tiba-tiba, dinding air berwarna putih dengan tinggi sekitar 3 meter menuju ke arah mereka.

Seperti dimuat SkyNews Australia, Selasa 26 Oktober 2010, gelombang dahsyat itu menabrakkan sebuah perahu ke kapal mereka. Ledakan terjadi, api membumbung di bagian belakang dek kapal. Beruntung nasib para penumpang selamat, meski harus terseret arus sejauh 200 meter.

Beberapa waktu lalu sejumlah ahli mengatakan ada sisa energi tektonik yang bertumpuk di Mentawai. Apabila energi ini dilepaskan, gempa dengan kekuatan 8,8-8,9 skala Richter berpotensi terjadi.

Menurut ahli paleotsunami Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Danny Hilman Natawidjaya, sumber gempa semalam berada di tengah-tengah, yakni terjadi di pojok utara gempa 8,4 SR yang mengguncang Mentawai pada tahun 2007.

Dari kalkulasi tim LabEarth LIPI dan Tim Prof. Kerry Sieh dari Earth Obervatory of Singapore, gempa 2007 hanya melepaskan tidak lebih dari 1/3 jumlah energi tekanan tektonik yang terakumulasi di Mentawai. Dengan kata lain masih ada sekitar 2/3 lagi yang tersimpan — yang bisa memicu gempa 8,8 SR hingga 8,9 SR.

 

 

October 27, 2010 - Posted by | Berita | , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: