MAHKOTAKATA

Refleksi Realita dan Rasa

Gempa Angkat pantai Mentawai

TAHUKAH Anda, gempa 7,2 SR Senin, 25 Oktober lalu selain menimbulkan gelombang tsunami juga telah menyebabkan daratan di pesisir Pantai Barat kepulauan itu terangkat menjadi lebih tinggi dari semula. Gempa menyebabkan terangkatnya dataran di pesisir Pantai Barat Kepulauan Mentawai.

Hal itu dikemukakan Kepala Pusat Informasi Riset Bencana Alam, Kementerian Riset dan Teknologi RI, Dr Ir Pariatmono terkait dengan implikasi yang diakibatkan oleh gempa serta tsunami yang melanda Mentawai beberapa waktu lalu.

Jadi tidak benar, jika gempa besar di kepulauan ini bisa menyebabkan dataran pulau-pulau di gugusan Mentawai tenggelam, tegasnya.

Naiknya kawasan pesisir pantai Barat Mentawai pascagempa dan tsunami terlihat dari nampaknya terumbu karang di pantai yang sebelumnya terbenam.

Ia juga menyebutkan, gempa utama berkekuatan 7,2 SR dan gempa susulannya diharapkan mengurangi kekuatan gempa besar yang masih berpotensi terjadi di Mentawai.

Ia menyatakan hal ini berdasarkan kajian penelitian dengan ilmu teknologi yang dilakukan tim riset bencana alam Kementerian Riset dan Teknologi RI.

Kepulauan Mentawai diguncang gempa 7,2 SR pada Senin (25/10) menyebabkan 447 korban tewas dan 57 orang hingga kini masih hilang serta terus dicari tim SAR.

Sedangkan jumlah korban luka-luka berat yang masih dirawat di rumah sakit darurat dan Puskesmas Sikakap tercatat 173 orang dan yang luka ringan sebanyak 325.

Jumlah rumah rusak yang terdata sebanyak 516 unit dan rusak ringan 204 unit serta gedung sekolah yang rusak enam unit.(***)

 

About these ads

November 12, 2010 - Posted by | Fenomena | , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: